5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & Tanpa PC

5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & TanpaPC

5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & Tanpa PC
Adakalanya ketika kita telah merasakan semua manfaat yang bisa peroleh dari mengroot android kita, mungkin ada saat dimana ingin kembali ke keadaan semula tanpa root. Metode apa pun yang dicoba, selalu pastikan telah mencadangkan data Anda sebelum membuat perubahan besar pada android anda. Cara mengembalikan android dalam keadaan normal sebenarnya sangatlah mudah. Hampir sama dengan cara meroot android, tinggal kita balikkan saja metodenya yang dipakai. Memang tidak semudah membalikkan tangan, tetapi tetap akan ada resikonya jika gagal.

Melalui artikel ini, Cara Jitu akan berbagi sedikit tutorial untuk mengunroot android anda. Cara berikut boleh dibilang mudah, karena dapat dilakuakan lewat pc atau tanpa pc. Untuk melakukan unroot pada hp yang sudah diroot ada baiknya ikuti 5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC &Tanpa PC ala Cara Jitu.

  • Cara pertama yaitu dengan SuperSU

SuperSU memungkinkan Anda untuk membatalkan root ponsel dengan satu klik. Buka aplikasi SuperSU, pergi ke Pengaturan, dan cari sampai ke bawah sampai Anda melihat tombol Unroot penuh. Ketuk, tekan lanjut, dan proses unroot akan dimulai.

  • Unroot dengan Universal Unroot

Metode lain adalah menggunakan Universal Unroot. Aplikasi ini akan menghapus hak root di sebagian besar perangkat Android, tetapi tidak secara sempurna. Sebagian besar perangkat Samsung tidak kompatibel dengan apliakasi ini. beberapa perangkat LG akan mudah di-unroot, tetapi masih tampil sebagai hp yang masih di root setelah aplikasi berhasil. Dulu aplikasi Universal Unroot berbayar, tetapi sekarang gratis karena pengembang tidak lagi memperbaruinya. Tetapi jika Anda memiliki perangkat yang lebih lama dan cocok dengan aplikasi ini, ada baiknya untuk dicoba.

  • Unroot dengan menginstal firmware asli

Salah satu cara paling ampuh dan menyeluruh untuk menghapus akses root adalah dengan mem-flash perangkat android dengan firmware pabrik. Metode ini benar-benar akan menghapus seluruh data ponsel atau tablet dari semua jejak root. Tetapi ingat reset pabrik itu bukan untuk orang yang lemah karena sudah dipastikan seluruh data di internal memori akan terhapus secara menyeluruh. Maka wajib bagi anda untuk mencadangkan seluruh data penting anda di cloud atau komputer anda.

  • Pertama, unduh gambar pabrik untuk perangkat Anda ke komputer Anda. Satu lagi, XDA adalah sumber yang bagus.
  • Selanjutnya, unzip file tersebut. Anda akan melihat file zip lainnya - unzip yang itu juga. Folder yang tidak di-zip harus berisi image bootloader, radio, dan berbagai skrip, dan satu lagi file zip. Sekali lagi, buka zip itu.
  • Langkah selanjutnya melibatkan menginstal ADB dan Fastboot di komputer Anda.
  • Unduh dan pasang Alat Platform SDK Android dari situs pengembang Google. Ada pilihan untuk Windows, Mac, dan Linux. Instruksi ini untuk mesin Windows. Ekstrak file zip. Ketika ditanya ke direktori mana untuk menginstal perangkat lunak, kami sarankan Anda mengaturnya ke C: android-SDK. Jika Anda memilih lokasi yang berbeda, pastikan Anda mengingatnya.
  • Pastikan OEM Unlocking diaktifkan di perangkat Anda. Buka Pengaturan. Jika Anda tidak melihat Opsi Pengembang di bagian bawah layar Pengaturan pada perangkat Anda, ikuti langkah-langkah ini untuk mengaktifkannya.
  • Ketuk Tentang Telepon dan temukan Nomor Pembuatan.
  • Ketuk Nomor Pembuatan tujuh kali dan Opsi Pengembang akan muncul di halaman utama Pengaturan.
  • Ketuk tombol Kembali untuk melihat Opsi Pengembang.
  • Ketuk pada Opsi Pengembang.
  • Centang untuk mengaktifkan OEM Unlocking.
  • Beralih kembali ke komputer Anda. Salin boot.img di folder yang Anda unzip dan letakkan di folder ADB Anda, C: android-sdk.
  • Hubungkan ponsel Anda ke komputer Anda melalui USB. Buka prompt perintah komputer Anda dengan menahan Shift + Klik kanan dan pilih "Buka Prompt Perintah Di Sini." Lalu, masukkan perintah ini:
  • Temukan drive utama perangkat Anda di bawah "/".
  • Buka sistem> tempat sampah, lalu ketuk dan tahan pada busybox dan su dan hapus mereka.
  • Sekarang buka sistem> xbin, lalu ketuk dan tahan pada busybox dan su dan hapus mereka.
  • Terakhir, buka sistem> aplikasi dan hapus supeuser.apk.
  • Mulai ulang perangkat dan Anda harus keluar root.

5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & Tanpa PC
adb reboot bootloader
fastboot flash boot boot.img
reboot fastboot


  • Membatalkan root dengan file explorer

Jika ponsel Anda menjalankan Android Lollipop atau yang lebih lama, unroot juga dapat dibatalkan dengan menghapus file yang memberikan akses root pada awalnya. Cara Jitu merekomendasikan penggunaan aplikasi explorer seperti ES File Explorer atau root explorer. Aktifkan Root explorer di bawah Alat di menu ES File Explorer dan berikan hak akses root, jika diminta. Lalu masuk ke root>system>xbin lalu hapus 

  • Unroot dengan pembaruan OTA

5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & Tanpa PC
Terkadang hanya menginstal pembaruan OTA akan menghilkangkan root. Cari pembaruan perangkat lunak di bawah Pengaturan> Tentang perangkat. Berhati-hatilah, karena dengan beberapa metode root mungkin terbukti tidak mungkin pulih. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menginstal firmware asli terlebih dahulu.


Itulah 5 Cara Mudah Unroot Smartphone Android dengan PC & Tanpa PC ala Cara Jitu. Tidak ada metode root atau metode unroot yang tanpa risiko. Pastikan Anda selalu membuat cadangan data Anda. Perlu dipastikan juiga perangkat harus terisi penuh, baca instruksi dengan seksama, dan luangkan waktu Anda unutk banyak membaca petunjuk yang sesuai dengan pabrikan android anda.


5 Comments

  1. Info yang menarik

    Mampir gan

    https://pitpitanku.blogspot.com/2019/03/taman-bendungan-kamijoro.html?m=1

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya gan

    apkgratisunduh.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Mantap, thanks infonya


    apkgratisunduh.blogspot.com

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post