Asal-Usul Drone Dan Pengertiannya

Asal-Usul Drone Dan Pengertiannya

Asal-Usul Drone Dan Pengertiannya

Unmanned aerial vehicle (UAV) atau Pesawat Tanpa Awak dan lebih kita kenal secara drone, adalah pesawat tanpa pilot manusia. UAV adalah komponen dari unmanned aircraft system (UAS) - sistem pesawat tanpa awak - yang meliputi UAV, pengontrol yang berbasis di darat, dan sistem komunikasi di antara keduanya. Penerbangan UAV dapat beroperasi dengan berbagai tingkat otonomi, baik di bawah kendali jarak jauh oleh operator manusia atau secara otonom dengan komputer onboard. Di Bumi, drone sering digunakan untuk tujuan militer karena mereka tidak membahayakan nyawa pilot di zona tempur. Selain itu, drone tidak memerlukan istirahat, memungkinkan mereka terbang selama ada bahan bakar di pesawat dan tidak ada kesulitan mekanis.

Secara teknis, drone pesawat ruang angkasa dapat mencakup pesawat ruang angkasa kargo, satelit dan mesin yang meninggalkan Bumi, meskipun biasanya tidak disebut demikian. Mungkin contoh terbaik drone di luar angkasa adalah pesawat ruang angkasa X-37B misterius militer A.S., yang telah membuat beberapa penerbangan ke orbit selama ratusan hari sekaligus. Misinya sangat rahasia, yang mengarah ke spekulasi tentang apa yang dilakukannya.
Asal-Usul Drone Dan Pengertiannya

Dibandingkan dengan pesawat berawak, UAV pada awalnya digunakan untuk misi yang terlalu "membosankan, kotor, atau berbahaya" bagi manusia. Meskipun sebagian besar berasal dari aplikasi militer, penggunaannya berkembang dengan cepat ke aplikasi komersial, ilmiah, rekreasi, pertanian, dan lainnya, seperti pemolisian, pemeliharaan perdamaian, dan pengawasan, pengiriman produk, foto udara, pertanian, penyelundupan, dan balap drone. UAV yang digunakan untuk keperluan komersial sekarang jauh melebihi jumlah UAV militer, dengan perkiraan lebih dari satu juta terjual pada 2015.

UAV biasanya digunakan dalam salah satu dari enam kategori fungsional yanbg umu digunakan, antara lain:
  • Pencarian sasaran dan umpan pengalihan - menyediakan serangan darat dan udara kepada target yang telah ditentukan baik berupa pesawat atau rudal musuh
  • Pengintaian - memberikan informasi intelijen di medan perang
  • Combat - menyediakan kemampuan serangan untuk misi berisiko tinggi
  • Logistik - pengiriman kargo
  • Penelitian dan pengembangan - meningkatkan teknologi UAV
  • UAV sipil dan komersial – digunakan dalam bidang pertanian, foto udara, pengumpulan data

Asal-Usul Drone Dan Pengertiannya

Baru baru ini, perusahaan Kratos Defense & Security Solutions, Inc. (NASDAQ: KTOS), penyedia Solusi Keamanan Nasional terkemuka, hari ini mengumumkan bahwa Kratos XQ-58A Valkyrie menyelesaikan penerbangan perdananya pada 5 Maret 2019 di Yuma Proving Grounds, Arizona. Sistem Udara Tak Berawak Kratos (KUAS) dan Laboratorium Penelitian Angkatan Udara (AFRL) bermitra dalam pengembangan XQ-58A Valkyrie. Demonstrasi XQ-58A adalah kendaraan udara tak berawak (UAV) berbiaya rendah. Selama penerbangan pertama, kendaraan menyelesaikan tujuan pengujiannya selama penerbangan 76 menit. Valkyrie adalah landasan pacu independen UAV yang mampu melakukan penerbangan jarak jauh dengan kecepatan subsonik tinggi.

5 Comments

  1. Drone sangat membantu dalam kondisi militer bro :D
    jangan lupa kunjungi juga www.dtkom.net

    ReplyDelete
  2. Hmmm gitu yah, awalnya tadi kukira ada campur tangan hughes atau northrop, ternyata nggak yah.

    Nice post lah, mari.jalan2 gan...Aorlin.com

    ReplyDelete
  3. Drone sekarang sudah tidak hanya untuk perang sudah merambah ke dunia fotograpi. Terima kasih Gan artikelnya bagus dan bermanfaat Gan.

    monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete
  4. drone di zaman sekarang sudah makin maju dari segi ukuran spesifikasi dan keggunaannya juga bermacam-macam ya hmmm....

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post