Cara Mudah Unreg Seluruh Kartu Prabayar Semua Operator Seluler Indonesia

Cara Mudah Unreg Seluruh Kartu Prabayar Semua Operator Seluler Indonesia

Cara Mudah Unreg Seluruh Kartu Prabayar Semua Operator Seluler Indonesia


Pemerintah Indonesia mewajibkan seluruh pengguna telepon Seluler Indonesia meregistrasi nomor seluler mereka menggunakan NIK dan KK. Seperti diketahui bahwa kebijakan registrasi kartu hanya dapat digunakan satu data NIK dan nomor KK untuk tiga SIM card. Oleh karena itu, kini hadirkan fitur unreg untuk membatalkan kartu prabayar yang sudah didaftarkan. Sesuai penjelasan Menkominfo berhubungan dengan pembatasan registrasi ulang kartu prabayar. Maka bagi masyarakat yang memiliki usaha, maka nomor keempat harus didaftarkan di gerai milik operator agar tercatat dengan jelas. Atas dasar kebijakan tersebut, bagi pelanggan yang ingin menambah nomor baru  dan sudah meregistrasi tiga nomor, maka harus melakukan unreg terlebih dahulu.



Beberapa Operator Seluler seperti Tri, Telkomsel, XL/AXIS, Smartfren, dan Indosat memfasilitasi fitur untuk unreg yang bisa diakses melalui sms maupun online. Cara unreg semua kartu prabayar baik perdana ataupun yang lama sangatlah mudah.  Semua proses unreg pada setiap operator memiliki tahapan berbeda-beda. Cara Jitu akan berbagi CaraMudah Unreg Seluruh Kartu Prabayar Semua Operator Seluler Indonesia selengkapnya sebagai berikut:


Tri (3)


Pengguna Tri (3) dapat melakukan proses unreg melalui website dengan langkah-langkah sebagai berikut:



  1. Silahkan kunjungi laman registrasi Tri (3) di alamat registrasi.tri.co.id
  2. Pilih menu Unreg
  3. Masukkan data yang sama saat meregistrasi nomor Tri (3) yang akan di-unreg (nomor telepon dan NIK)
  4. Meminta kode rahasia yang akan dikirim melalui SMS
  5. Masukkan kode rahasia tersebut (berlaku lima menit)
  6. Centang kotak I'm not robot
  7. Klik Kirim

Telkomsel

Bagi pelanggan Telkomsel dapat mengakses menu USSD telepon untuk proses unreg dengan tahapan sebagai berikut:
  1. Pada menu telepon, akses menu USSD dengan dial *444#
  2. Berikutnya pilih UNREG
  3. Masukkan 16 digit NIK lalu pilih Kirim

XL dan AXIS

Pelanggan XL/AXIS dapat memilih salah satu dari dua cara yang ada, melalui menu USSD dan SMS. Pertama, silakan dial ke *123*4444#. Pastikan nomor XL/AXIS Anda adalah nomor yang ingin di-unreg. Selanjutnya, pelanggan dapat mengirim SMS dengan format UNREG#nomor telepon# lalu kirim ke 44444 (contoh: UNREG#0812345678#)

Indosat Ooredoo

Pengguna Indosat dapat melakukan unreg melalui SMS. Pengguna kartu prabayar Indosat bisa mengirim SMS dengan format UNPAIR#nomor telepon# lalu kirim ke 4444. Contoh (UNPAIR#0812345678#).

Smartfren

Pelanggan prabayar Smartfren dapat mengirimkan SMS dengan format UNREG#NIK# kirim ke 4444 (contoh: UNREG#3125012304560001#). Setelah permintaan unreg terkirim, semua layanan (telpon, SMS, dan data) akan terblokir dalam waktu maksimal 24 jam. Pelanggan juga dapat mengunjungi laman mysf.id/unreg untuk membatalkan registrasi dengan catatan menggunakan data koneksi atau jaringan Smartfren. Pada laman tersebut pelanggan tinggal memasukkan NIK untuk proses selanjutnya. Setelah mendapatkan notifikasi pemblokiran, pelanggan bisa melakukan registrasi ulang dengan identitas baru.

Itulah Cara Mudah Unreg Seluruh Kartu Prabayar Semua Operator Seluler Indonesia. Selain cara-cara di atas, proses unreg untuk membatalkan kartu yang telah teregistrasi dapat dilakukan pelanggan dengan mengunjungi gerai operator seluler masing-masing operator dengan membawa bukti identitas kepemilikan yang resmi (KTP dan KK). 

Meskipun pemberlakuan batas akhir registrasi kartu SIM prabayar telah lama lewat (28 Februari 2018), namun ada saja pelanggan yang lalai melakukan registrasi ulang sehingga mengalami pemblokiran. Kemenkominfo menyatakan bahwa pemblokiran secara permanen akan dilakukan per 1 Mei 2018. Adapun yang dimaksud dengan pemblokiran total ialah tidak bisa melakukan panggilan dan mengirimkan SMS, menerima panggilan maupun SMS, dan juga tidak bisa mengakses layanan data internet.





4 Comments

  1. sangat membantu artikelnya Hebat

    ReplyDelete
  2. wah boleh dicoba nih
    Thank infonya gan

    mampir juga ya di blog-asikhd.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya hal yang mendasari pemerintah menerapkan sistem upgrade register mengunakan nik dan KK itu untuk apa, kalau emang untuk keamanan penyalah gunaan mengapa negara tidak memberikan sebuah link yang bisa di akses masyarakat untuk pengetahuan masyarakat yang luas ?

    ReplyDelete
  4. Sekarang sudah beralih ke kartu pascabayar. Kalau pakai prabayar sering boros kuota.

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post