Kamera 360 Derajat Gyroscopic Onboard Di Motor Balap MotoGP

Kamera 360 Derajat Gyroscopic Onboard Di Motor Balap MotoGP.

Kamera 360 Derajat Gyroscopic Onboard Di Motor Balap MotoGP.
360 Derajat Gyroscopic Onboard Moviestar Yamaha (www.motogp.com)

Bagi penggemar MotoGP pasti pernah merasa penasaran dengan kamera tipe apa yang berada di dashboard motor MotoGP atau di ujung jok motor. Selama bertahun-tahun perkembangan MotoGP, telah banyak penyempurnaan dan inovasi telah dibawa ke sistem MotoGP oleh tim R&D Dorna Sports. Sejak diperkenalkannya kamera ekor inovatif pada Honda Valentino Rossi di tahun 2003, Dorna Sports telah membuat langkah signifikan dalam mengembangkan kamera OnBoard khusus untuk menawarkan pandangan realistik pada aksi balap MotoGP. Begitu juga dengan perkembangan kamera yang digunakan di dashboard motogp. Tidak hanya mengikuti evolusi standar penyiaran yang berawal menggunakan format 4: 3 hingga 16: 9. Hingga yang terbaru berupa penayangan revolusi HD di tahun terakhir ini dan juga meningkatkan seluruh pengalaman camera OnBoard.

Pada 2016, berbagai inovasi baru disatukan untuk memberikan rekaman yang menarik dalam balap MotoGP yang belum pernah ada sebelumnya. Yaitu dengan kombinasi kamera gyroscopic, 360 pan-motion dan pelacakan otomatis Dorna. Kamera 360 Gyroscopic ini adalah hasil dari perbaikan yang terus menerus yang dikembangkan unutk teknologi gyroscopic. Kamera ini memungkinkan untuk melihat cakrawala secara luas dan dikenalkan debut di GP Jerman pada tahun 2010. Kemuadian berevolusi dari Kamera 360; menyediakan gerakan memutar berbentuk bola yang dikembangkan dari versi sebelumnya dari 2014 dan 2015 untuk mengadopsi profil yang jauh lebih sederhana.


Kamera ini memberikan cakupan aksi 360ยบ yang stabil dari titik pemasangan, tepatnya berada di ujung buntut sepeda. Kamera baru ini dilengkapi dengan sistem yang dikembangkan oleh Tim R&D Dorna yang menyediakan kemampuan untuk mengalihkan subjek dan melacak elemen tertentu, memberikan rasa unik untuk menampilkan gambar secara halus sebagai kamera yang dapat mengikuti pengendara lain di sekitar sepeda yang dilengkapi dengan Gyroscopic Cam 2016.

Setiap pengendara MotoGP dapat membawa hingga empat kamera dengan dua motor mereka. Biasanya terdapat satu di depan (menunjuk ke depan), satu di belakang (menunjuk ke belakang), kamera 'buntut' dan satu dipasang di dekat dashboard pengendara, menunjuk ke arah pengendara ketika dia berada di sepeda. Selain itu, setiap pengendara memiliki kamera 360 derajat. Kamera ini memungkinkan unutk melangsungkan siaran langsung 360 derajat. Sebagai contoh Valentino Rossi meggunakan kamera 360 gyroscopic di MotoGP Movistar Yamahanya.

Dengan diperkenalkannya kamera 360 generasi ketiga ini yang pertama kali dipasang pada Yamaha YZR-M1 milik Valentino Rossi, pemirsa motoGP dapat menikmati rangkaian pengejaran dengan cara yang jauh lebih dinamis. Saat cuplikan MotoGP semakin inovatif, penikamat motogp dapat berharap untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dekat dan lebih dramatis dengan apa yang sebenarnya dirasakan pengendara di atas motor.

referensi: www.motogp.com

1 Comments

  1. Wah, keren. Seandainya tiap kendaraan ada kameranya pasti asyik.

    ReplyDelete

Post a Comment

Post a Comment

Previous Post Next Post